Belajar, Diajar, Mengajar.... Smoga bermanfaat buat kemajuan Pendidikan di Indonesia

Pelajaran KKPI tertinggal dengan kemajuan Teknologi

Dewasa ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah. Hampir semua pekerjaan menggunakan komputer sebagai alat yang akan membantu mempercepat menyelesaikan suatu pekerjaan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di perkantoran sebagai penunjang kelancaran pekerjaan administrasi dengan memanfaatkan program ws sampai dikenalnya Microsoft word, excel dan powerpoint.
Dengan masuknya materi pembelajaran Komputer dalam kurikulum dilembaga pendidikan, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama pelajaran KKPI untuk SMK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu materi pelajaran yang harus dikuasai untuk menunjang program keahlian yang ditekuni siswa.
Mata Pelajaran KKPI dalam kurikulum SMK tergolong mata pelajaran normatif yang pada intinya mengharapkan siswa agar dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi secara tepat dan optimal untuk dapat memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu terampil, berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri. Pelajaran KKPI untuk SMK menitik beratkan pada kemampuan keterampilan siswa dalam pelajaran komputer dan pengelolaan informasi yang dapat diaplikasi nyata dalam bidang keahlian yang ditekuni bukan sekedar dalam teori semata.
Siswa menggunakan perangkat komputer secara terampil, sistematis, sesuai prosedur dalam mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Komputer untuk pengelolaan informasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Kemampuan siswa dalam penggunaan komputer akan membiasakan siswa untuk terampil dan bersikap inisiatif dalam mengimplementasikan keterampilan yang dimilikinya setelah mendapat pekerjaan atau melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
Pesatnya perkembangan teknologi membuat sebagian kompetensi dasar dalam pelajaran KKPI tertinggal, ditambah jam pembelajaran KKPI hanya 2 atau 3 jam perminggu membuat materi pelajaran tidak optimal sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun disekolah masing-masing. Belum lagi software yang dipelajari ada yang menggunakan open source dan closed source dimana berbeda dalam pemberian materi. Setiap software pun juga mengembangkan produknya sehingga guru yang kurang mengikuti perkembangan akan tertinggal dengan perkembangan program yang diajarkan, contoh kecil: masih banyak guru yang mengajarkan siswa menggunakan Microsoft Office 2003, sementara di dunia kerja dan perkembangan software dipasaran Office 2003 sudah diaggap tertinggal karena sudah ada penerusnya Ms. Office 2007 dan malah Ms. Office 2010 telah banyak yang menggunakan.
Sebagai guru KKPI merupakan tugas yang berat karena ilmu tentang Komputer berkembang secara terus menerus, tidak seperti Mata pelajaran yang lain materinya hampir tidak ada perubahan dari tahun ke tahun. Tugas sebagai guru yang memberikan materi KKPI harus terus berbenah diri untuk terus belajar dan mampu melihat celah untuk selalu memberikan tugas tambahan kepada siswa untuk menambah wawasan tentang perkembangan ilmu komputer di internet maupun dibuku-buku terbitan terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar

Cukup Modal 10 ribu saja, nikmati hasilnya... sambil internetan dapat uang

 
Powered by Blogger