Belajar, Diajar, Mengajar.... Smoga bermanfaat buat kemajuan Pendidikan di Indonesia

Howard Hathaway Aiken

Howard Hathaway Aiken (lahir di Hoboken, New Jersey, 9 Maret 1900 – meninggal di St. Louis, Missouri, 14 Maret 1973 pada umur 73 tahun) adalah seorang pionir di bidang komputer, dan dia merupakan insinyur utama dalam pengembangan komputer IBM Harvard Mark I.
Aiken menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Wisconsin, Madison, dan menyelesaikan Ph.D. di bidang fisika di Universitas Harvard pada tahun 1939. Pada masa dia menyelesaikan program doktornya, Aiken menemukan beberapa persamaan diferensial yang hanya dapat diselesaikan secara numerik. Dari sinilah ia mentargetkan untuk membuat alat komputasi elektro-mekanik yang dapat membantunya menyelesaikan persamaan-persamaan tersebut. Alat ini awalnya disebut sebagai Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC) dan belakangan diberi nama Harvard Mark I. Dengan dibantu oleh Grace Hopper dan pendanaan dari IBM, mesin ini berhasil diselesaikan pada tahun 1944. Pada tahun 1947, Aiken menyelesaikan pembuatan komputer generasi berikutnya yang bernama Harvard Mark II. Versi-versi berikutnya kemudian terus dikembangkan, mulai dari Mark III yang masih sebagian menggunakan komponen mekanik dan Harvard Mark IV yang telah semuanya berisi komponen elektronik.
Aiken mendapat inspirasi untuk membangun mesin-mesin tersebut dari mesin diferensial milik Charles Babbage.
Pada tahun 1970, Aiken menerima penghargaan Edison Medal dari IEEE atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital skala besar dan kontribusinya dalam bidang pendidikan komputer digital
Membutuhkan waktu tujuh tahun dan banyak uang untuk akhirnya mendapatkan mesin operasional. Penelitiannya sempat tertunda akibat dari intervensi dari Perang Dunia II. Secara resmi komputer hasil penemuannya yang disebut IBM Automatic Sequence Controlled Calculator tetapi sering disebut dengan Mark I. Setelah menyelesaikan Mark I, Aiken pergi untuk memproduksi lebih tiga komputer, dua di antaranya adalah listrik daripada Elektromekanik.
Aiken pensiun dari mengajar di Harvard pada tahun 1961 dan dipindahkan ke Ft. Lauderdale, Florida. Dia meninggal 14 Maret 1973 di St Louis, Missouri.

0 komentar:

Poskan Komentar

Cukup Modal 10 ribu saja, nikmati hasilnya... sambil internetan dapat uang

 
Powered by Blogger